Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362 https://bpplampung.bppsdmp.pertanian.go.id/

Berita Baca

Images

Kunjungan Balasan Merauke Bawa Semangat Baru ke Bapeltan Lampung

Images
  • admin
  • 1 month, 1 week, 4 days, 9 hours, 16 minutes, 36 seconds ago

Lampung Selatan, 7 Agustus 2024 – Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung menerima kunjungan kerja dari Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Merauke, Josefa Louise Rumaseuw, S.Hut, beserta rombongan. Kunjungan ini diterima secara langsung oleh Kepala Bapeltan Lampung, Dr. Abdul Roni Angkat, STP., M.Si.

Kunjungan Dinas TPHP Kabupaten Merauke ini bertujuan untuk melakukan studi tiru terhadap kegiatan Perluasan Area Tanam (PAT) di Provinsi Lampung yang dinilai sukses dalam pelaksanaannya. Kepala Dinas TPHP Kabupaten Merauke Josefa Louise Rumaseuw, S.Hut beserta rombongan yang tiba di Bapeltan Lampung turut serta dalam rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan PAT Provinsi Lampung yang diadakan di aula Bapeltan Lampung pada hari Rabu, 7 Agustus 2024.

Kunjungan ini juga merupakan kunjungan balasan dari Kepala Dinas TPHP Kabupaten Merauke mengingat Balai Pelatihan Pertanian Lmpung melalui Dr. Abdul Roni pada bulan juli lalu telah memasang modul Smart Kebunqu di di Desa Telaga Sari, Kecamatan Kurik, Kabupaten Merauke Papua Selatan, Smart KebunQ merupakan inovasi teknologi di bidang pertanian yang diciptakan oleh Balai Pelatihan Pertanian Lampung. Smart KebunQ adalah terobosan baru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemeliharaan tanaman, terutama dalam penyiraman, Smart KebunQ merupakan turunan dari teknologi smart farming yang memadukan teknologi irigasi dengan pemanfaatan Internet of Things (IoT) dalam pemasangan instalasi air.

Dalam sambutannya, Dr. Abdul Roni Angkat menyambut baik kunjungan ini dan berharap dapat berbagi pengalaman serta pengetahuan terkait implementasi kegiatan PAT di Provinsi Lampung. "Kami sangat senang dapat menerima kunjungan dari Dinas TPHP Kabupaten Merauke. Semoga apa yang kami lakukan di sini dapat memberikan inspirasi dan manfaat bagi Kabupaten Merauke dalam melaksanakan kegiatan PAT," ujarnya.

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Merauke, Josefa Louise Rumaseuw, S.Hut, mengapresiasi penerimaan dan sambutan dari Bapeltan Lampung. "Kami sangat terkesan dengan apa yang telah dicapai oleh Provinsi Lampung dalam kegiatan PAT. Kami berharap dapat mengambil pelajaran berharga yang dapat diterapkan di Merauke dalam melaksanakan kegiatan PAT," kata Josefa Louise Rumaseuw.

Acara ini menjadi momentum penting untuk saling bertukar informasi dan pengalaman dalam rangka memperkuat kolaborasi antar daerah dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani di Indonesia.

Balai Pelatihan Pertanian Lampung – Terdepan Memberi Manfaat!