Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362 https://bpplampung.bppsdmp.pertanian.go.id/

Berita Baca

Images

Rapat Koordinasi PAT Provinsi Lampung Strategi Baru Perluasan Areal Tanam Demi Kesejahteraan Petani Lampung

Images
  • admin
  • 1 month, 1 week, 5 days, 4 hours, 47 minutes, 32 seconds ago

Lampung Selatan, 7 Agustus 2024 – Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung bersama Direktorat Jenderal Perkebunan mengadakan rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan Perluasan Area Tanam (PAT) di Provinsi Lampung. Acara ini berlangsung di aula Bapeltan Lampung pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Ir. Bani Ispriyanto, M.M., dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan PAT di Provinsi Lampung telah berjalan dengan baik. Ia juga melaporkan kemajuan yang signifikan dalam pelaksanaan kegiatan ini, yang menunjukkan hasil positif dari kerja keras semua pihak yang terlibat.

Tenaga Ahli Menteri Bidang Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Mineral, Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Sc., yang memberikan arahan sekaligus membuka acara, sangat mengapresiasi pelaksanaan PAT di Provinsi Lampung. Beliau menekankan pentingnya pemanfaatan bantuan pompa dari Kementerian Pertanian yang telah diterima masing-masing kabupaten/kota dan meminta agar penggunaannya segera dilaporkan. Dr. Pamuji Lestari juga menekankan pentingnya pengawalan dari masing-masing kabupaten untuk memastikan pelaksanaan kegiatan PAT berjalan sesuai rencana.

Kepala Balai Pelatihan Pertanian (BAPELTAN) Lampung, Dr. Abdul Roni Angkat, STP., M.Si., yang memoderatori sesi diskusi, sangat mengapresiasi kegiatan PAT Provinsi Lampung yang telah berjalan dengan baik. Dr. Abdul Roni menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak untuk mencapai target penambahan areal tanam yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Kepala BSIP Lampung Dr. Rachman Jaya, S.Pi, M.Si., Komandan Korem 043 Garuda Hitam yang diwakili oleh KASI TER 043/GATAM Kolonel Inf. Jaka Sutanta, S.Sos., Komandan Kodim Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, dan kepala dinas pertanian kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Progres kegiatan PAT di Provinsi Lampung dinilai berjalan dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa catatan dan perbaikan yang diperlukan. Diharapkan, dengan adanya evaluasi dan koordinasi yang lebih intensif, kegiatan PAT di Provinsi Lampung dapat semakin sukses dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan petani serta ketahanan pangan ke depan.

Balai Pelatihan Pertanian Lampung – Terdepan Memberi Manfaat!