Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362 https://bpplampung.bppsdmp.pertanian.go.id/

Berita Baca

Images

Tim UPSUS Bapeltan Lampung Pastikan Progres PAT di Rumbia Siap Capai Target

Images
  • admin
  • 1 month, 5 days, 10 hours, 36 minutes, 29 seconds ago

Lampung Tengah, 9 Agustus 2024 – Tim Upaya Khusus (UPSUS) Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap Program Perluasan Area Tanam (PAT) dengan fokus pada Optimalisasi Lahan Rawa dan Pompanisasi di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah. Kegiatan Monev ini dilaksanakan di lokasi Optimalisasi Lahan (OPLAH) Rawa di  Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Rumbia.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat, 9 Agustus 2024, dimulai sejak pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Tim UPSUS Bapeltan Lampung mengunjungi dua lokasi utama OPLAH di Kecamatan Rumbia untuk memastikan progres kegiatan serta mengevaluasi pelaksanaan di lapangan.

Hingga saat ini, progres konstruksi di lokasi telah mencapai 65-70% dan ditargetkan akan selesai pada minggu terakhir bulan Agustus. Dengan penyelesaian konstruksi yang tepat waktu, tanam padi secara serentak direncanakan akan dimulai pada awal September 2024.

Meskipun terdapat beberapa kendala, secara keseluruhan, kegiatan PAT telah berjalan dengan baik. Ketersediaan bibit, pupuk, dan dolomit telah dipastikan mencukupi untuk persiapan tanam yang direncanakan pada bulan September.

Untuk kegiatan pompanisasi di BPP Rumbia, meskipun tidak mendapatkan pompa baru dan irigasi pompa (IRPOM), tetapi telah dilaporkan bahwa pompa eksisting masih dapat digunakan secara efektif. Koordinasi telah dilakukan dengan perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Tengah, untuk memastikan pemanfaatan dan pelaporan pemakaian pompa baru serta bantuan IRPOM yang telah diterima oleh Kabupaten Lampung Tengah.

Selain itu, tim UPSUS Bapeltan Lampung juga telah berkoordinasi dengan pihak TNI melalui Bapak Sukamto dan Bapak Tono dari Kodim Rumbia Lampung Tengah, untuk memastikan kegiatan OPLAH dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Balai Pelatihan Pertanian Lampung – Terdepn Memberi Manfaat !